Selasa, 20 November 2012

Antropologi Masa Kini

PERKEMBANGAN ANTROPOLOGI MASA KINI

     Pebedaan-Perbedaan di Berbagai Pusat Ilmiah. Uraian mengenai keempat fase perkembangan ilmu antropologi di atas tadi adalah perlu untuk suatu pengertian tentang tujuan dan ruang-lingkupnya.

Di Amerika Serikat ilmu antropologi telah memakai dan mengintegrasikan seluruh warisan bahan dan metode dari ilmu antropologi dalam fasenya yang pertama, kedua, ketiga, ditambah dengan berbagai spesialisasi guna mendapatkan pengertian tentang dasar-dasar dari keanekaragaman wujud dari masyarakat dan kebudayaan manusia yang ada sekarang.


Di Inggris serta negara-negara yang ada di bawah pengaruhnya, seperti Australia, Ilmu antropologi dalam fase perkembangannya yang ketiga masih dilakukan,tetapi dengan hilangnya daerah-daerah jajahan Inggris sifatnya pasti akan berubah juga. Pada waktu daerah seperti Papua Niugini dan kepalauan Malanesia masih jadi daerah jajahannya, daerah tersebut kemudian di pelajari dan digunakan sebagai keperluan pemerintah setempat.

Di Eropa Tengah seperti Jerman, Austria dan swiss, hingga hanya kira-kira 15 tahun yang lalu ilmu antropologi di sana masih bertujuan mempelajari bangsa-bangsa di luar Eropa untuk mencapai pengertian tentang sejarah.

Di Eropa Utara, di negara-negara Skandinavia, ilmu antropologi untuk sebagian bersifat akademikal seperti di Jerman dan Austria.

Di Rusia ( Uni Soviet ) perkembangan ilmu antropologi tidak banyak dikenal di pusat-pusat ilmiah lain di dunia, karena Rusia hingga kira-kira sekitar tahun 1960 memang seolah-olah mengisolasikan diri dari dunia lainnya.
Di Indonesia sekarang telah dikembangkan tentang ilmu Antropologi yang khas di Indonesia, dalam menentukan dasar antropologi kita tidak terikat atas tradisi sehingga dalam mengembangkan itu kita dapat mengkombinasikan dan memilah yang mana untuk mengembangkan Negara lain, dan diselaraskan kepada masalah yang ada di masyarakat Indonesia.


Perbedaan istilah yang ada diberbagai Negara untuk dipergunakan, berikut ini akan dijelaskan istilah yang lazim dipakai beserta artinya,
Ethnography (pelukisan atau deksripsi tentang bangsa-bangsa)                                        digunakan di Eropa Barat.
Ethnology ( Ilmu bangsa-bangsa )                                                                                 Digunakan di Amerika & Inggris
Voelkerkunde (Ilmu bangsa-bangsa )                                                                           dipakai di Eropa Tengah sampai sekarang.
Kulturkunde ( Ilmu kebudayaan )                                                                                         dipakai di Amerika
Anthropology (Ilmu tentang manusia ) yang merupakan pergantian makna yang mana dahulu merupakan arti dari ilmu tentang ciri-ciri tubuh manusia, dipakai di inggris & amerika , Di Eropa Barat & Eropa Tengah Diartikan sebagai ilmu tentang Ras manusia dipandang dari ciri-ciri fisiknya.
Cultural Anthropology (Ilmu tentang tubuh manusia) dipakai di Amerika dan Di Indonesia dipakai dalam arti tentang kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar